SILABUS
Satuan
pendidikan :MTsN Barakah
Kurikulum :K-2013
Kelas/semester :VIII(delapan)/1(satu)
Mata pelajaran :IPS
KOMPETENSI INTI:
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
TEMA
I : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia
Sub Tema A : Keunggulan
Lokasi Indonesia
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/Sub Materi Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Bahan/Alat
|
|
1.1
Menghayati karunia TuhanYME yang
telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
|
1.
Bersyukur atas nikmat dan karunia
Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia yang aman dan kaya akan sumber
daya alam.
2.
memberi contoh cara pelestarian
lingkungan alam sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Tuhan YME.
|
Mengamati:
Mengamati gambar bola bumi
Indonesia terletak pada daerah khatulistiwa yang beriklim tropis
Mengamati peta posisi silang
Indonesia
Mengamati dan wawancara dengan
tetangga terdekat tentang kondisi tanaman yang ada di sekitar lingkungan
tempat tinggal
Menanya:
Merumuskan pertanyaan tentang hasil pengamatan gambar bola
bumi
Merumuskan pertanyaan tentang hasil pengamatan tentang
posisi silang Indonesia
Merumuskan pertanyaan tentang hasil pengamatan terhadap
kondisi tanaman di lingkungan sekitar, misalnya: apakah keunggulan tanah di
Indonesia, manfaat apakah yang sudah dirasakan masyarakat dari pengolahan
tanahnya, tanaman apa saja yang dapat tumbuh subur di daerah sekitar tempat
tinggal
Mengumpulkan informasi:
Mengumpulkan informasi untuk
menjawab pertanyaan keunggulan iklim muson tropis dan akibat dari iklim muson
tropis terhadap kehidupan
Mengumpulkan informasi untuk
menjawab pertanyaan tentang keuntungan letak Indonesia pada posisi geostrategis
Mengumpulkan informasi tentang keunggulan tanah di
Indonesia dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
Menganalisis
keterkaitan keunggulan iklim muson tropis dan
akibat dari iklim muson tropis terhadap kehidupan
Menganalisis data tentang
keuntungan letak Indonesia pada posisi geostrategis
Menganalisis dan menyimpulkan
tentang keunggulan tanah di Indonesia
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil analisis data tentang keunggulan iklim muson
tropis dan akibat dari iklim muson tropis terhadap kehidupan
Mempresentasikan hasil analisis data tentang keuntungan letak Indonesia
pada posisi geostrategis
Mempresentasikan hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan tentang
keunggulan tanah di Indonesia
|
|
·
Peta Indonesia
·
Atlas Indonesia
·
Atlas Sejarah
·
Buku Teks Pelajaran IPS untuk
SMP/Mts kls VIII
·
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·
Ensiklopedia Geografi
·
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
·
Media cetak/elek-tronik
·
Lingkungan sekitar
·
Internet
|
|
2.2
Memiliki rasa ingin tahu, terbuka dan sikap kritis terhadap permasalah-an sosial sederhana.
|
1.
Peka terhadap perubahan kondisi
alam akibat pengaruh globalworning sehingga bisa memunculkan cinta terhadap
alam agar tetap lestari
2.
Membandingkan perbedaan kondisi
sosial di perkotaan dengan pedesaan serta mampu bersikap kritis dalam memilah
dan memilih hal-hal yang bersifat positif dan negatif.
3.
Menjaga kelestarian lingkungan dengan
tidak mencemari tanah dengan pupuk kimia yang berlebihan
|
|
|||
3.1
Memahami aspek
keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
|
A. Keunggulan Iklim di Indonesia
B. Keunggulan Geostrategis di
Indonesia
C. Keunggulan Tanah di Indonesia
D. perbedaan kondisi sosial dan
aktifitas ekonomi masyarakat pedesaan dengan perkotaan dilihat dari perbedaan
kondisi geografisnya.
|
6
JP
|
|||
4.3
Menyajikan hasil pengamatan
tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
|
1.
Menunjukkan posisi
silang Indonesia di globe atau peta.
2.
Mengidentifikasi Keuntungan Letak
Geostrategis Indonesia di antara dua benua dan dua samudera dari aspek
ekonomi, transportasi dan komunikasi
3.
Menceritakan perbedaan aktivitas ekonomi masyarakat perkotaan
dengan masyarakat pedesaan dilihat dari keunggulan geografisnya masing-masing
4.
Mampu membedakan kehidupan sosial
masyarakat perkotaan dengan masyarakat pedesaan dilihat dari sudut
pandang kondisi geografisnya
5.
Mendeskripsikan kondisi tanah di
Indonesia
6.
menuliskan Keunggulan kondisi
tanah di Indonesia terhadap aktivitas pertanian
7.
Mengidentifikasi perbedaan
aktivitas ekonomi masyarakat perkotaan dengan masyarakat pedesaan berdasarkan
keunggulan geografisnya.
|
|
|||
TEMA
I : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia
Sub Tema B : Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan
Ekonomi, Transportasi,dan Komunikasi
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/Sub Materi Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Bahan/Alat
|
|
1.1
Menghayati karunia Tuhan YME yang telah
mencipta-kan
waktu dengan segala perubahannya
1.3
Menghayati karunia Tuhan YME yang telah
mencipta-kan
manusia dan lingkungan-nya
|
1.
Menghayati dan mensyukuri karunia
tuhan yang telah menganugerahi indonesia dengan kekayaan alam yang melimpah.
2.
Mengungkapkan
rasa syukur atas karunia tuhan YME atas nikmat kebebasa dan kemerdekaan yang
diberikan kepada bangsa Indonesia.
|
Mengamati:
Mengamati produk UMKM terdekat
dengan tempat tinggal
Mengamati peta sarana transportasi
Indonesia
Mengamati tabel lokasi Indonesia yang menunjukkan
adanya perbedaan bahasa
Menanya:
Merumuskan
pertanyaan tentang kegiatan ekonomi masyarakat
Merumuskan
pertanyaan tentang sarana transportasi di Indonesia
Merumuskan
pertanyaan tentang adanya perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia
Mengumpulkan
informasi:
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang kegiatan ekonomi
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah
dirumuskan terkait dengan sarana transportasi di Indonesia
Mengumpulkan
informasi dari berbagai sumber tentang adanya perbedaan bahasa dalam
masyarakat Indonesia
Menalar/Mengasosiasi:
Mengolah dan Menganalisis data
tentang kegiatan ekonomi masyarakat dari berbagai sumber
Menganalisis dan menyimpulkan
jawaban dari berbagai pertanyaan tentang sarana transportasi di Indonesia
Menganalisis dan menyimpulkan
informasi tentang perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang kegiatan ekonomi masyarakat
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang sarana transportasi di Indonesia
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia
|
|
·
Peta Indonesia
·
Atlas Indonesia
·
Atlas Sejarah
·
Buku Teks Pelajaran IPS untuk
SMP/Mts kls VIII
·
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·
Ensiklopedia Geografi
·
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
·
Media cetak/elek-tronik
·
Lingkungan sekitar
·
Internet
|
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, gotong
royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaima-na
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
2.2
Memiliki rasa ingin tahu, terbuka dan sikap kritis terhadap permasalah-an
sosial sederhana.
2.3
Menunjukkan perilaku santun,
peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya
|
1.
bersikap bijak dalam membeli
sesuatu yang benar-benar dibutuhkan (penting)
2.
bersikap jujur dalam membuat
sesuatu barang atau jasa.
3.
bersuikap jujur (apa adanya)
ketika menawarkan atau menjual suatu barang dan jasa kepada siapa saja.
4.
mematuhi peraturan berkendara
seperti memakai helm dll.
5.
Bersikap terbuka dan kritis
terhadap masalah teman, dengan membantu teman yang sedang kesulitan.
6.
Bersikap
jujur dengan Membuat
laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya dan Mengakui kesalahan
atau kekurangan yang dimiliki.
|
|
|||
3.1
Memahami aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial,
budaya, pendidikan dan politik)
|
A. Pengaruh Keunggulan Lokasi
terhadap Kegiatan Ekonomi
1. produksi
2. konsumsi
3. distribusi
B. Pengaruh Keunggulan Lokasi
terhadap Kegiatan Transportasi
C. Keunggulan Lokasi terhadap
Kegiatan Komunikasi
D. Pengaruh keunggulan lokasi terhadap cara
berkomuni-kasi masyarakat Indonesia
|
18
JP
|
|||
4.3
Menyajikan hasil pengamatan
tentang bentukbentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan
alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
|
1.
Mempresentasikan hasil diskusi
mengenai pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Ekonomi masyarakat
Indonesia dari sudut mata pencaharian.
2.
Menuliskan hasil analisis Pengaruh
Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Transportasi
3.
Memaparka
hasil analisis Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Komunikasi
4.
Mendeskripsikan perbedaan alat
transportasi dulu dengan sekarang di tengah pembangunan yang dipengaruhi oleh
karakteristik lokasi masing-masing daerah yang ada di Indonesia
|
|
|||
TEMA
I : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia
Sub
Tema C : Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kolonialisme Barat di Indonesia
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/Sub Materi Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Bahan/Alat
|
|
1.1
Menghayatikarunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan
waktu dengan segala perubahannya
1.2
Menghayatiajaran agama dalam berpikir
dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembaga-an
sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
|
1.
Mencontoh akhlak mulia dari para
pahlawan indonesia
2.
Memelihara hubungan baik dengan
sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
3.
Berserah diri (tawakal) kepada
Tuhan setelah berikhtiar atau melakukan usaha.
|
Mengamati:
Mengamati peta persebaran hasil
bumi di Indonesia
Mengamati rute kedatangan Bangsa
Barat di Indonesia
Mengamati gambar pengaruh
kebijakan pemerintah kolonial Barat di Indonesia (suasana kerjapaksa masa
penjajahan Belanda)
Mengamati peta Asia dan Eropa
Menanya:
Merumuskan
pertanyaan tentang persebaran hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara
kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia
Menanya
tentang proses kedatangan bangsa Barat di Indonesia
Menanya
tentang dampak kebijakan pemerintah kolonial terhadap bangsa Indonesia
Menanya
tentang corak perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah serta kelebihan
dan kekurangan strategi perlawanan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah
Mengumpulkan
informasi:
Mengumpulkan informasi persebaran hasil bumi di Indonesia dan
hubungan antara kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di
Indonesia dari berbagai sumber
Mengumpulkan
informasi tentang proses kedatangan bangsa Barat di Indonesia dari berbagai
sumber
Mengumpulkan
informasi tentang pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap masyarakat
Indonesia
Mengumpulkan
informasi tentang latar belakang bangsa-bangsa Barat di Indonesia dan
perlawanan masyarakat Indonesia terhadap penjajah Barat dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
Menganalisis dan menyimpulkan persebaran hasil bumi di Indonesia dan
hubungan antara kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di
Indonesia dari berbagai sumber
Menganalisis data tentang
kedatangan bangsa Barat ke Indonesia
Menganalisis dan menyimpulkan
tentang pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap masyarakat Indonesia
Menganalisis dan menyimpulkan
berbagai informasi tentang kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia dan
perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajah Barat
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang persebaran hasil bumi di
Indonesia dan hubungan antara kekayaan hasil bumi dengan terjadinya
kolonialisme Barat di Indonesia
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang proses kedatangan bangsa Barat ke Indonesia
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap masyarakat Indonesia
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia dan perlawanan rakyat
Indonesia terhadap penjajah Barat
|
|
·
Peta Indonesia
·
Atlas Indonesia
·
Atlas Sejarah
·
Buku Teks Pelajaran IPS untuk
SMP/Mts kls VIII
·
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·
Ensiklopedia Geografi
·
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
·
Media cetak/elek-tronik
·
Lingkungan sekitar
·
Internet
|
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, gotong
royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaima-na
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
|
1.
Bersikap toleran terhadap
keragaman bangsa indonesia.
2.
menerapkan sikap jujur, gotong royong,
bertanggung jawab sebagaimana yang dicontohkan para pahlawan pejuang
indonesia
3.
Mencontoh sikap kerja sama,
perjuangan dan semangat para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan
Indonesia
4.
Bersikap percaya diri atas
kemampuan yang dimiliki
5.
Bersedia membantu orang lain tanpa
mengharap imbalan
|
|
|||
3.2
Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada
masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek
geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
|
A.
Latar Belakang Penjajahan Bangsa
Barat
B.
Kedatangan bangsa-bangsa Barat ke
Indonesia
C.
Pengaruh Kebijakan Pemerintah
Kolonial terhadap Bangsa Indonesia
D.
Melawan Keserakahan Penjajah
E.
Keadaan ekonomi indonesia pada
masa penjajahan bangsa barat
F.
Kondisi sosial dan pendidikan masyarakat
pada masa penjajahan belanda di Indonesia
|
12
JP
|
|||
4.1
Menyajikan hasil olahan telaah
tentang peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa
penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
|
1. menyajikan hasil bacaan dan analisis letar belakan
penjajahan bangsa barat dan proses kedatangan bangsa-bangsa barat ke
indonesia.
2. Menjelaskan persebaran hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara kekayaan
hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia
3. Mempresentasikan hasil simpulan tentang pengaruh kebijakan pemerintah
kolonial terhadap masyarakat Indonesia
4. Mempresentasikan hasil simpulan tentang kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia dan perlawanan rakyat
Indonesia terhadap penjajah Barat
|
|
|||
Tema
II : Dinamika Kependudukan dan Pembangunan
Nasional
Subtema A : Jumlah dan Pertumbuhan, Komposisi serta Persebaran dan Migrasi Penduduk
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/Sub Materi Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Bahan/Alat
|
|
1.2
Menghayati ajaran agama dalam berpikir
dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembaga-an
sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3
Menghayati karunia Tuhan YME yang telah
mencipta-kan
manusia dan lingkungan-nya
|
1.
Memelihara hubungan baik dengan
sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
2.
Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa sebagai bangsa Indonesia.
3.
Menghayati dan menjaga karunia
tuhan YME.
|
Mengamati:
Mengamati data kependudukan
Mengamati diagram komposisi
penduduk di Indonesia ditinjau dari beberapa kategori
Mengamati peta kepadatan penduduk
Indonesia tahun 2010
Menanya:
Menanya
tentang pertambahan penduduk yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk,
cara menghitung pertumbuhan penduduk, akibat ledakan penduduk
Menanya
tentang mengapa angka partisipasi sekolah tiap kelompok umur mengalami
kenaikan, jumlah buruh/karyawan/pegawai dari tahun 2009-2011 mengalami
kenaikan, jumlah pekerja bebas di sektor pertanian terus mengalami penurunan
Menanya
tentang persebaran penduduk Indonesia, kepadatan penduduk paling tinggi dan
paling rendah
Mengumpulkan
informasi:
Mengumpulkan
informasi tentang pertambahan
penduduk yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk, cara menghitung
pertumbuhan penduduk, akibat ledakan penduduk dari berbagai sumber atau
dengan mengunjungi Badan Pusat Statistik yang terdekat
Mengumpulkan
infomasi mengenai komposisi penduduk dari berbagai sumber
Mengumpulkan
informasi/data dari berbagai sumber
mengenai persebaran penduduk
Menalar/Mengasosiasi:
Menganalisis informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber tentang pertambahan penduduk yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk,
cara menghitung pertumbuhan penduduk, akibat ledakan penduduk
Menganalisis
dan menyimpulkan berbagai informasi yang telah didapatkan terkait komposisi
penduduk
Menganalisis
dan menyimpulkan berbagai informasi tentang persebaran penduduk yang
didapatkan dari berbagai sumber
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil analisis
data tentang pertambahan penduduk
yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk, cara menghitung pertumbuhan
penduduk, akibat ledakan penduduk
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang komposisi penduduk
Mempresentasikan hasil simpulan
tentang persebaran penduduk
|
|
·
Peta Indonesia
·
Atlas Indonesia
·
Atlas Sejarah
·
Buku Teks Pelajaran IPS untuk
SMP/Mts kls VIII
·
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·
Ensiklopedia Geografi
·
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
·
Media cetak/elek-tronik
·
Lingkungan sekitar
·
Internet
|
|
2.2
Memiliki rasa ingin tahu, terbuka dan sikap kritis terhadap permasalah-an
sosial sederhana.
2.3
Menunjukkan perilaku santun,
peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya
|
1.
Bersikap santun dan peduli kepada
siapapun.
2.
Bersikap terbuka dan bersikap
kritis terhadap permasalahan yang terjadi dilingkungan sekitar
3.
Menghargai perbedaan antar teman
sebaya.
|
|
|||
3.1
Memahami aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial,
budaya, pendidikan dan politik)
3.3
Mendeskripsikan
fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik dalam masyarakat
|
A. Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk
B. Komposisi Penduduk
C. Persebaran penduduk dan Migrasi
D. Perbedaan pola interaksi masyarakat
asli dengan masyarakat yang telah melakukan migrasi
E. Pengaruh peningkatan ekonomi
masyarakat indonesia terhadap program transmigrasi pemerintah.
|
16
JP
|
|||
4.2
Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
|
1.
Membuat portofolio mengenai jumlah
dan pertumbuhan penduduk di Indonesia dan mengidentifikasi penyebab
pertumbuhan penduduk yang tinggi, serta cara memecahkan permasalahan tersebut
2.
Membuat pemecahan masalah dari angka
pertumbuhan penduduk yang tinggi dan persebaran penduduk yang tidak merata
3.
Menuliskan pemahaman dari hasil
bacaan komposisi penduduk indonesia
4.
Membedakan pola interaksi masyrakat asli dengan masyarakat
yang telah melakukan migrasi
5.
Menjelaskan hasil diskusi tentang Pengaruh peningkatan ekonomi
masyarakat indonesia terhadap program transmigrasi pemerintah.
|
|
|||
Tema
II : Dinamika Kependudukan dan Pembangunan
Nasional
Subtema B : Fungsi dan Peran Penduduk dalam Pembangunan Nasional
|
|||||
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pokok/Sub Materi Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Bahan/Alat
|
|
1.2
Menghayatiajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai
penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembaga-an sosial, budaya, ekonomi dan
politik dalam masyarakat
1.3
Menghayati karunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan manusia dan lingkungan-nya
|
1.
Memelihara hubungan baik dengan
sesama manusia ciptaan tuhan YME.
2.
Menghayati dan mensyukuri karunia
tuhan YME.
3.
Mendoakan para pejuang nasional
|
Mengamati:
Mengamati tingkat kualitas
penduduk di lingkungan tempat tinggal
Mengamati gambar diorama Sumpah
Pemuda
Mengamati gambar penduduk sebagai
modal dasar pembangunan
Menanya:
Menanya
tentang tingkat kualitas penduduk di lingkungan tempat tinngal, faktor-faktor
yang mempengaruhi tingkat kualitas penduduk
Menanya
tentang munculnya Pergerakan Nasional Indonesia, Proses Pergerakan Nasional
Indonesia, Arti Penting Sumpah Pemuda bagi Pergerakan Kemerdekaan Indonesia
Menanya
tentang jumlah penduduk yang besar sebagai modal dasar Pembangunan, peranan
penduduk dalam pembangunan ekonomi di Indonesia
Mengumpulkan
informasi:
Mengumpulkan
informasi tentang kualitas penduduk Indonesia
Mengumpulkan
informasi tentang Pergerakan Nasional Indonesia dari berbagai sumber
Mengumpulkan
informasi/data dari berbagai sumber tentang peranan penduduk dalam
pembangunan Nasional
Menalar/Mengasosiasi:
Menganalisis dan menyimpulkan
tentang kualitas penduduk Indonesia
Menganalisis dan menyimpulkan
tentang Pergerakan Nasional Indonesia
yang diperoleh dari berbagai sumber
Menganalisis dan menyimpulkan
data/informasi tentang peranan penduduk dalam pembangunan Nasional
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil analisis
data tentang kualitas penduduk Indonesia
Mempresentasikan hasil analisa
data tentang Pergerakan Nasional Indonesia
Mempresentasikan hasil simpulan
mengenai peranan penduduk dalam pembangunan Nasional
|
|
·
Peta Indonesia
·
Atlas Indonesia
·
Atlas Sejarah
·
Buku Teks Pelajaran IPS untuk
SMP/Mts kls VIII
·
Buku Panduan Guru Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·
Ensiklopedia Geografi
·
Buku-buku dan referensi lain yang
relevan
·
Media cetak/elek-tronik
·
Lingkungan sekitar
·
Internet
|
|
2.1
Menunjukkan perilaku jujur, gotong
royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaima-na
ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
2.3
Menunjukkan perilaku santun,
peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya
|
1.
menumbuhkan dalam diri perilaku
jujur, gotong royong, tanggung jawab dalam kondisi apapun sebagai generasi
penerus bangsa dan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme serta pergerakan
nasional.
2.
Bersikap sopan dan santun kepada
siapapun tanpa membeda-bedakan.
3.
Tidak menyalahkan orang lain untuk
kesalahan tindakan kita sendiri.
4.
menghargai perjuangan para
pahlawan indonesia dalam menjaga NKRI
5.
tatap saling menghargai perbedaan
pendapat baik dengan teman sebaya untuk menjaga persaudaraan sebagai begian dari
kesatuan republik indonesia
|
|
|||
3.1
Memahami aspek keruangan dan
konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan
kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.4
Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika
interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi
|
A.
Kualitas
Penduduk di Indonesia
B.
Pergerakan
nasional Indonesia
C.
Peranan penduduk
dalam pembangunan ekonomi di Indonesia
D.
Pemeratan pembangunan di Indonesia
E.
Sejarah para pejuang nasional
F.
Arti Penting Sumpah Pemuda bagi Pergerakan Kemerdekaan Indonesia
|
18
JP
|
|||
4.3
Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk
dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya,
dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar
|
1.
mendeskripsikan hasil pengamatan
mengenai kualitas penduduk bangsa indonesia
2.
mendeskripsikan hasil becaan
mengenai pergerakan nasional indonesia.
3.
Mempresentasikan
hasil simpulan mengenai peranan penduduk dalam pembangunan Nasional
4.
Menceritakan kembali Pergerakan
Nasional Indonesia, Proses Pergerakan Nasional Indonesia, serta Arti Penting Sumpah Pemuda
bagi Pergerakan Kemerdekaan Indonesia
|
|
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar