Senin, 18 Desember 2017

SILABUS KELAS VIII SEMESTER 1



SILABUS

Satuan pendidikan    :MTsN Barakah
Kurikulum                 :K-2013
Kelas/semester           :VIII(delapan)/1(satu)
Mata pelajaran          :IPS

KOMPETENSI INTI:
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
TEMA I : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia
Sub Tema A : Keunggulan Lokasi Indonesia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Sub Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber Bahan/Alat
1.1
Menghayati karunia TuhanYME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya.
1.      Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia yang aman dan kaya akan sumber daya alam.
2.      memberi contoh cara pelestarian lingkungan alam sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Tuhan YME.

Mengamati:
Mengamati gambar bola bumi Indonesia terletak pada daerah khatulistiwa yang beriklim tropis
Mengamati peta posisi silang Indonesia
Mengamati dan wawancara dengan tetangga terdekat tentang kondisi tanaman yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal
Menanya:
Merumuskan pertanyaan tentang hasil pengamatan gambar bola bumi
Merumuskan pertanyaan tentang hasil pengamatan tentang posisi silang Indonesia
Merumuskan pertanyaan tentang hasil pengamatan terhadap kondisi tanaman di lingkungan sekitar, misalnya: apakah keunggulan tanah di Indonesia, manfaat apakah yang sudah dirasakan masyarakat dari pengolahan tanahnya, tanaman apa saja yang dapat tumbuh subur di daerah sekitar tempat tinggal
Mengumpulkan informasi:
Mengumpulkan informasi untuk menjawab pertanyaan keunggulan iklim muson tropis dan akibat dari iklim muson tropis terhadap kehidupan
Mengumpulkan informasi untuk menjawab pertanyaan tentang keuntungan letak Indonesia pada posisi geostrategis
Mengumpulkan informasi tentang keunggulan tanah di Indonesia dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
Menganalisis keterkaitan keunggulan iklim muson tropis dan akibat dari iklim muson tropis terhadap kehidupan
Menganalisis data tentang keuntungan letak Indonesia pada posisi geostrategis
Menganalisis dan menyimpulkan tentang keunggulan tanah di Indonesia
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil analisis data tentang keunggulan iklim muson tropis dan akibat dari iklim muson tropis terhadap kehidupan
Mempresentasikan hasil analisis data tentang keuntungan letak Indonesia pada posisi geostrategis
Mempresentasikan hasil simpulan dari jawaban atas pertanyaan tentang keunggulan tanah di Indonesia

·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek-tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet

2.2
Memiliki rasa ingin tahu, terbuka dan sikap kritis terhadap permasalah-an sosial sederhana.
1.      Peka terhadap perubahan kondisi alam akibat pengaruh globalworning sehingga bisa memunculkan cinta terhadap alam agar tetap lestari
2.      Membandingkan perbedaan kondisi sosial di perkotaan dengan pedesaan serta mampu bersikap kritis dalam memilah dan memilih hal-hal yang bersifat positif dan negatif.
3.      Menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak mencemari tanah dengan pupuk kimia yang berlebihan

3.1
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
A.     Keunggulan Iklim di Indonesia
B.     Keunggulan Geostrategis di Indonesia
C.     Keunggulan Tanah di Indonesia
D.     perbedaan kondisi sosial dan aktifitas ekonomi masyarakat pedesaan dengan perkotaan dilihat dari perbedaan kondisi geografisnya.

6 JP
4.3
Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
1.      Menunjukkan posisi silang Indonesia di globe atau peta.
2.      Mengidentifikasi Keuntungan Letak Geostrategis Indonesia di antara dua benua dan dua samudera dari aspek ekonomi, transportasi dan komunikasi
3.      Menceritakan perbedaan  aktivitas ekonomi masyarakat perkotaan dengan masyarakat pedesaan dilihat dari keunggulan geografisnya masing-masing
4.      Mampu membedakan kehidupan sosial masyarakat perkotaan dengan masyarakat pedesaan dilihat dari sudut pandang  kondisi geografisnya
5.      Mendeskripsikan kondisi tanah di Indonesia
6.      menuliskan Keunggulan kondisi tanah di Indonesia terhadap aktivitas pertanian
7.      Mengidentifikasi perbedaan aktivitas ekonomi masyarakat perkotaan dengan masyarakat pedesaan berdasarkan keunggulan geografisnya.


TEMA I : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia
Sub Tema B : Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Ekonomi, Transportasi,dan Komunikasi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Sub Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber Bahan/Alat
1.1 
Menghayati karunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan waktu dengan segala perubahannya
1.3  
Menghayati karunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan manusia dan lingkungan-nya
1.      Menghayati dan mensyukuri karunia tuhan yang telah menganugerahi indonesia dengan kekayaan alam yang melimpah.
2.      Mengungkapkan rasa syukur atas karunia tuhan YME atas nikmat kebebasa dan kemerdekaan yang diberikan kepada bangsa Indonesia.



Mengamati:
Mengamati produk UMKM terdekat dengan tempat tinggal
Mengamati peta sarana transportasi Indonesia
Mengamati  tabel lokasi Indonesia yang menunjukkan adanya perbedaan bahasa
Menanya:
Merumuskan pertanyaan tentang kegiatan ekonomi masyarakat
Merumuskan pertanyaan tentang sarana transportasi di Indonesia
Merumuskan pertanyaan tentang adanya perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia
Mengumpulkan informasi:
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang kegiatan ekonomi
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan terkait dengan sarana transportasi di Indonesia
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang adanya perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia
Menalar/Mengasosiasi:
Mengolah dan Menganalisis data tentang kegiatan ekonomi masyarakat dari berbagai sumber
Menganalisis dan menyimpulkan jawaban dari berbagai pertanyaan tentang sarana transportasi di Indonesia
Menganalisis dan menyimpulkan informasi tentang perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil simpulan tentang kegiatan ekonomi masyarakat
Mempresentasikan hasil simpulan tentang sarana transportasi di Indonesia
Mempresentasikan hasil simpulan tentang perbedaan bahasa dalam masyarakat Indonesia


·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek-tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet

2.1  
Menunjukkan perilaku jujur, gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaima-na ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
2.2 
Memiliki rasa ingin tahu, terbuka dan sikap kritis terhadap permasalah-an sosial sederhana.
2.3 
Menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya

1.      bersikap bijak dalam membeli sesuatu yang benar-benar dibutuhkan (penting)
2.      bersikap jujur dalam membuat sesuatu barang atau jasa.
3.      bersuikap jujur (apa adanya) ketika menawarkan atau menjual suatu barang dan jasa kepada siapa saja.
4.      mematuhi peraturan berkendara seperti memakai helm dll.
5.      Bersikap terbuka dan kritis terhadap masalah teman, dengan membantu teman yang sedang kesulitan.
6.      Bersikap jujur dengan  Membuat laporan berdasarkan data atau informasi apa adanya dan Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki.



3.1
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)

A.     Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Ekonomi
1.      produksi
2.      konsumsi
3.      distribusi
B.     Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Transportasi
C.     Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Komunikasi
D.     Pengaruh keunggulan lokasi terhadap cara berkomuni-kasi masyarakat Indonesia
18 JP
4.3
Menyajikan hasil pengamatan tentang bentukbentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar.
1.      Mempresentasikan hasil diskusi mengenai pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Ekonomi masyarakat Indonesia dari sudut mata pencaharian.
2.      Menuliskan hasil analisis Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Transportasi
3.      Memaparka hasil analisis Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Komunikasi
4.      Mendeskripsikan perbedaan alat transportasi dulu dengan sekarang di tengah pembangunan yang dipengaruhi oleh karakteristik lokasi masing-masing daerah yang ada di Indonesia




TEMA I : Keunggulan Lokasi dan Kehidupan Masyarakat Indonesia
Sub Tema C : Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kolonialisme Barat di Indonesia
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Sub Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber Bahan/Alat
1.1 
Menghayatikarunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan waktu dengan segala perubahannya
1.2  
Menghayatiajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembaga-an sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.      Mencontoh akhlak mulia dari para pahlawan indonesia
2.      Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
3.      Berserah diri (tawakal) kepada Tuhan setelah berikhtiar atau melakukan usaha.

Mengamati:
Mengamati peta persebaran hasil bumi di Indonesia
Mengamati rute kedatangan Bangsa Barat di Indonesia
Mengamati gambar pengaruh kebijakan pemerintah kolonial Barat di Indonesia (suasana kerjapaksa masa penjajahan Belanda)
Mengamati peta Asia dan Eropa
Menanya:
Merumuskan pertanyaan tentang persebaran hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia
Menanya tentang proses kedatangan bangsa Barat di Indonesia
Menanya tentang dampak kebijakan pemerintah kolonial terhadap bangsa Indonesia
Menanya tentang corak perlawanan rakyat Indonesia di berbagai daerah serta kelebihan dan kekurangan strategi perlawanan rakyat Indonesia dalam mengusir penjajah
Mengumpulkan informasi:
Mengumpulkan informasi persebaran hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia dari berbagai sumber
Mengumpulkan informasi tentang proses kedatangan bangsa Barat di Indonesia dari berbagai sumber
Mengumpulkan informasi tentang pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap masyarakat Indonesia
Mengumpulkan informasi tentang latar belakang bangsa-bangsa Barat di Indonesia dan perlawanan masyarakat Indonesia terhadap penjajah Barat dari berbagai sumber
Menalar/Mengasosiasi:
Menganalisis dan menyimpulkan persebaran hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia dari berbagai sumber
Menganalisis data tentang kedatangan bangsa Barat ke Indonesia
Menganalisis dan menyimpulkan tentang pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap masyarakat Indonesia
Menganalisis dan menyimpulkan berbagai informasi tentang kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia dan perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajah Barat
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil simpulan tentang persebaran hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia
Mempresentasikan hasil simpulan tentang proses kedatangan bangsa Barat ke Indonesia
Mempresentasikan hasil simpulan tentang pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap masyarakat Indonesia
Mempresentasikan hasil simpulan tentang kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia dan perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajah Barat


·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek-tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet

2.1  
Menunjukkan perilaku jujur, gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaima-na ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.

1.      Bersikap toleran terhadap keragaman bangsa indonesia.
2.      menerapkan sikap jujur, gotong royong, bertanggung jawab sebagaimana yang dicontohkan para pahlawan pejuang indonesia
3.      Mencontoh sikap kerja sama, perjuangan dan semangat para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
4.      Bersikap percaya diri atas kemampuan yang dimiliki
5.      Bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan


3.2
Mendeskripsikan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan serta perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik
A.     Latar Belakang Penjajahan Bangsa Barat
B.     Kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
C.     Pengaruh Kebijakan Pemerintah Kolonial terhadap Bangsa Indonesia
D.     Melawan Keserakahan Penjajah
E.      Keadaan ekonomi indonesia pada masa penjajahan bangsa barat
F.      Kondisi sosial dan pendidikan masyarakat pada masa penjajahan belanda di Indonesia
12 JP
4.1
Menyajikan hasil olahan telaah tentang peninggalan kebudayaan dan pikiran masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan dan politik yang ada di lingkungan sekitarnya.
1.      menyajikan hasil bacaan dan analisis letar belakan penjajahan bangsa barat dan proses kedatangan bangsa-bangsa barat ke indonesia.
2.      Menjelaskan persebaran hasil bumi di Indonesia dan hubungan antara kekayaan hasil bumi dengan terjadinya kolonialisme Barat di Indonesia
3.      Mempresentasikan hasil simpulan tentang pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap masyarakat Indonesia
4.      Mempresentasikan hasil simpulan tentang kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia dan perlawanan rakyat Indonesia terhadap penjajah Barat


Tema II       :  Dinamika Kependudukan dan Pembangunan Nasional
Subtema A  :  Jumlah dan Pertumbuhan, Komposisi serta Persebaran dan Migrasi Penduduk
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Sub Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber Bahan/Alat
1.2 
Menghayati ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembaga-an sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3  
Menghayati karunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan manusia dan lingkungan-nya
1.      Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia.
3.      Menghayati dan menjaga karunia tuhan YME.
Mengamati:
Mengamati data kependudukan
Mengamati diagram komposisi penduduk di Indonesia ditinjau dari beberapa kategori
Mengamati peta kepadatan penduduk Indonesia tahun 2010
Menanya:
Menanya tentang pertambahan penduduk yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk, cara menghitung pertumbuhan penduduk, akibat ledakan penduduk
Menanya tentang mengapa angka partisipasi sekolah tiap kelompok umur mengalami kenaikan, jumlah buruh/karyawan/pegawai dari tahun 2009-2011 mengalami kenaikan, jumlah pekerja bebas di sektor pertanian terus mengalami penurunan
Menanya tentang persebaran penduduk Indonesia, kepadatan penduduk paling tinggi dan paling rendah
Mengumpulkan informasi:
Mengumpulkan informasi tentang pertambahan penduduk yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk, cara menghitung pertumbuhan penduduk, akibat ledakan penduduk dari berbagai sumber atau dengan mengunjungi Badan Pusat Statistik yang terdekat
Mengumpulkan infomasi mengenai komposisi penduduk dari berbagai sumber
Mengumpulkan informasi/data dari berbagai sumber  mengenai persebaran penduduk
Menalar/Mengasosiasi:
Menganalisis informasi yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tentang pertambahan penduduk yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk, cara menghitung pertumbuhan penduduk, akibat ledakan penduduk
Menganalisis dan menyimpulkan berbagai informasi yang telah didapatkan terkait komposisi penduduk
Menganalisis dan menyimpulkan berbagai informasi tentang persebaran penduduk yang didapatkan dari berbagai sumber
Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil analisis data tentang pertambahan penduduk yang tinggi, cara pengendalian jumlah penduduk, cara menghitung pertumbuhan penduduk, akibat ledakan penduduk
Mempresentasikan hasil simpulan tentang komposisi penduduk
Mempresentasikan hasil simpulan tentang persebaran penduduk


·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek-tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet

2.2 
Memiliki rasa ingin tahu, terbuka dan sikap kritis terhadap permasalah-an sosial sederhana.
2.3  
Menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
1.      Bersikap santun dan peduli kepada siapapun.
2.      Bersikap terbuka dan bersikap kritis terhadap permasalahan yang terjadi dilingkungan sekitar
3.      Menghargai perbedaan antar teman sebaya.

3.1
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.3
Mendeskripsikan fungsi dan peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
A.     Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk
B.     Komposisi Penduduk
C.     Persebaran penduduk dan Migrasi
D.     Perbedaan pola interaksi masyarakat asli dengan masyarakat yang telah melakukan migrasi
E.      Pengaruh peningkatan ekonomi masyarakat indonesia terhadap program transmigrasi pemerintah.
16 JP
4.2
Menggunakan berbagai strategi untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi peran kelembagaan sosial, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan masyarakat sekitar
1.      Membuat portofolio mengenai jumlah dan pertumbuhan penduduk di Indonesia dan mengidentifikasi penyebab pertumbuhan penduduk yang tinggi, serta cara memecahkan permasalahan tersebut
2.      Membuat pemecahan masalah dari angka pertumbuhan penduduk yang tinggi dan persebaran penduduk yang tidak merata
3.      Menuliskan pemahaman dari hasil bacaan komposisi penduduk indonesia
4.      Membedakan pola  interaksi masyrakat asli dengan masyarakat yang telah melakukan migrasi
5.      Menjelaskan hasil diskusi tentang Pengaruh peningkatan ekonomi masyarakat indonesia terhadap program transmigrasi pemerintah.

Tema II       :  Dinamika Kependudukan dan Pembangunan Nasional
Subtema B : Fungsi dan Peran Penduduk dalam Pembangunan Nasional
Kompetensi Dasar
Materi Pokok/Sub Materi Pokok
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber Bahan/Alat
1.2  
Menghayatiajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembaga-an sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam masyarakat
1.3  
Menghayati karunia Tuhan YME yang telah mencipta-kan manusia dan lingkungan-nya
1.      Memelihara hubungan baik dengan sesama manusia ciptaan tuhan YME.
2.      Menghayati dan mensyukuri karunia tuhan YME.
3.      Mendoakan para pejuang nasional

Mengamati:
Mengamati tingkat kualitas penduduk di lingkungan tempat tinggal
Mengamati gambar diorama Sumpah Pemuda
Mengamati gambar penduduk sebagai modal dasar pembangunan

Menanya:
Menanya tentang tingkat kualitas penduduk di lingkungan tempat tinngal, faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kualitas penduduk
Menanya tentang munculnya Pergerakan Nasional Indonesia, Proses Pergerakan Nasional Indonesia, Arti Penting Sumpah Pemuda bagi Pergerakan Kemerdekaan Indonesia
Menanya tentang jumlah penduduk yang besar sebagai modal dasar Pembangunan, peranan penduduk dalam pembangunan ekonomi di Indonesia

Mengumpulkan informasi:
Mengumpulkan informasi tentang kualitas penduduk Indonesia
Mengumpulkan informasi tentang Pergerakan Nasional Indonesia dari berbagai sumber
Mengumpulkan informasi/data dari berbagai sumber tentang peranan penduduk dalam pembangunan Nasional

Menalar/Mengasosiasi:
Menganalisis dan menyimpulkan tentang  kualitas penduduk Indonesia
Menganalisis dan menyimpulkan tentang  Pergerakan Nasional Indonesia yang diperoleh dari berbagai sumber
Menganalisis dan menyimpulkan data/informasi tentang peranan penduduk dalam pembangunan Nasional

Mengomunikasikan:
Mempresentasikan hasil analisis data tentang kualitas penduduk Indonesia
Mempresentasikan hasil analisa data tentang Pergerakan Nasional Indonesia
Mempresentasikan hasil simpulan mengenai peranan penduduk dalam pembangunan Nasional


·     Peta Indonesia
·     Atlas Indonesia
·     Atlas Sejarah
·     Buku Teks Pelajaran IPS untuk SMP/Mts kls VIII 
·     Buku Panduan Guru Pelajaran  IPS untuk SMP/Mts kls VIII
·     Ensiklopedia Geografi
·     Buku-buku dan referensi lain yang relevan
·     Media cetak/elek-tronik
·     Lingkungan sekitar
·     Internet

2.1  
Menunjukkan perilaku jujur, gotong royong, bertanggung jawab, toleran, dan percaya diri sebagaima-na ditunjukkan oleh tokoh-tokoh sejarah pada masa lalu.
2.3  
Menunjukkan perilaku santun, peduli dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
1.      menumbuhkan dalam diri perilaku jujur, gotong royong, tanggung jawab dalam kondisi apapun sebagai generasi penerus bangsa dan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme serta pergerakan nasional.
2.      Bersikap sopan dan santun kepada siapapun tanpa membeda-bedakan.
3.      Tidak menyalahkan orang lain untuk kesalahan tindakan kita sendiri.
4.      menghargai perjuangan para pahlawan indonesia dalam menjaga NKRI
5.      tatap saling menghargai perbedaan pendapat baik dengan teman sebaya untuk menjaga persaudaraan sebagai begian dari kesatuan republik indonesia


3.1
Memahami aspek keruangan dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam lingkup nasional serta perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia (ekonomi, sosial, budaya, pendidikan dan politik)
3.4
Mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi

A.     Kualitas Penduduk di Indonesia
B.     Pergerakan nasional Indonesia
C.     Peranan penduduk dalam pembangunan ekonomi di Indonesia
D.     Pemeratan pembangunan di Indonesia
E.      Sejarah para pejuang nasional
F.      Arti Penting Sumpah Pemuda bagi Pergerakan Kemerdekaan Indonesia

18 JP
4.3
Menyajikan hasil pengamatan tentang bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi di lingkungan masyarakat sekitar

1.      mendeskripsikan hasil pengamatan mengenai kualitas penduduk bangsa indonesia
2.      mendeskripsikan hasil becaan mengenai pergerakan nasional indonesia.
3.      Mempresentasikan hasil simpulan mengenai peranan penduduk dalam pembangunan Nasional
4.      Menceritakan kembali Pergerakan Nasional Indonesia, Proses Pergerakan Nasional Indonesia, serta Arti Penting Sumpah Pemuda bagi Pergerakan Kemerdekaan Indonesia









Tidak ada komentar:

Posting Komentar