LAPORAN
HASIL OBSERVASI PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN SD IMPRES KAMPUS IKIP
JL.
Raya Pendidikan Kompleks Perumahan Dosen Ikip
ANUGRAH
PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS
IMU SOSIAL
UNIVERSITAS
NEGERI MAKASSAR
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat, rahmat dan
hidayah-Nya penulis
dapat menyelesaikan laporan hasil observasi ini sebagai salah satu tugas dari
mata kuliah PPL 1. Salawat dan salam tak lupa pula
penulis haturkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. yang telah
mengantarkan kita kepada dinul Islam, Beliaulah sangrevolusioner sejati.
Laporan ini dibuat dari
hasil observasi di SD Impres Kampus Ikip dalam jangka waktu tertentu sehingga
menghasilkan suatu laporan yang bisa dipertanggungjawabkan hasilnya. Penulis ucapkan banyak terima kasih
kepada Ibu Hj. Sujirah, S.Pd, M.M, selaku kepala sekolah SD Impres Kampus Ikip
yang telah memperkenankan penulis melakukan observasi. tak lupa pula penulis
ucapkan terima kasih kepada semua guru SD Impres Kampus Ikip atas kerja samanya
dalam kegiatan observasi yag penulis lakukan terkhusus kepada Ibu Drd. Hj.
Masyita selaku guru kelas II SD Impres Kampus Ikip dan Ibu Hj. Ummu Aemana S.Pd
selaku guru kelas I SD Impres Kampus Ikip. Dan terakhir penulis ucapkan terima
kasih kepada adik-adik siswa SD Impres Kampus
Ikip atas keramahan dan kerja samanya.
Penulis menyadari
sepenuhnya bahwa Laporan hasil observasi ini masih jauh dari kesempurnaan,
olehnya itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi
perbaikan penyusunan laporan-laporan selanjutanya. Besar harapan kami kiranya laporan
hasil observasi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca
pada umumnya.
Makassar, April 2017
penulis
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Program Pengalaman
Lapangan 1 (PPL 1) atau Micro Teaching merupakan
salah satu kegiatan yang wajib dilaksanaan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Meskipun
definisi Micro teaching berarti suatu
kegiatan mengajar yang dilakukan dengan cara menyederhanakan atau segalanya
dikecilkan, yakni dengan mengajar tertentu, akan dapat diidentifikasikan
berbagai keunggulan dan kelemahan diri calon guru secara akurat. akan tetapi
dalam kegiatan PPL 1 ini yang dilaksanakan mahasiswa di sekolah bukan merupakan
kegiatan pengabdian pada sekolah yang bersangkutan, tetapi PPL 1 hanya
merupakan kegiatan observasi terhadap kegiatan
belajar mengajar di sekolah yang bertujuan agar mahasiswa dapat melihat secara
langsung contoh proses kegiatan belajar mengajar sehingga mahasiswa mempunyai
pengalaman sebelum terjun langsung mengajar di sekolah sebagai seorang guru.
Observasi merupakan suatu proses
pengamatan dan pencatatan secara langsung dan sistematis mengenai gejala-gejala
yang akan kita teliti. Observasi ini menjadi salah satu dari teknik pengumpulan
data apabila sesuai dengan tujuan penelitian, yang direncanakan dan dicatat
secara sistematis, serta dapat dikontrol keandalan (reliabilitas) dan
kesahihannya (validitasnya). Dan kali ini penulis selaku observer telah
melakukan observasi pada kelas 1a dan 2a
SD
Impres Kampus Ikip, JL. Raya Pendidikan
Kompleks Perumahan Dosen Ikip, setelah adanya izin dari Ibu Hj. Sujirah, S.Pd,
M.M, selaku kepala sekolah SD Impres Kampus Ikip dimana sebelumnya penulis
telah memasukkan surat resmi permohonan observasi dari prodi pendidikan ilmu
pengetahuan sosial.
Adapun pelaksanaan observasi dilakukan
sebanyak dua kali dengan guru yang berbeda dimana pelaksanaannya dilakukan
kurang lebih satu minggu yang dimulai dengan memasukkan surat permohonan izin
observasi sampai pada kegiatan observasi itu sendiri. Meskipun waktu yang digunakan dalam
melakukan observasi ini relatif singkat dan sedikit terkendala pada penyesuaian
jadwal sekolah dan kuliah, akan tetapi itu tidak menjadi kendala yang
signifikan untuk mencapai tujuan dan sasaran dari kegiatan pelaksanaan
observasi.
Dengan adanya Kegiatan ini diharapkan agar mahasiswa
terkhusus bagi penulis sendiri selaku observer dan sebagai calon
guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada tingkat Sekolah Menengah
Pertana (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat mengambil pengalaman dari
lokasi observasi tersebut. sehingga benar-benar bisa menjadi tenaga pendidik yang baik dan profesional
dengan adanya pengalaman dari kegiatan PPL 1 atau Micro Teaching.
B. Tujuan Observasi
Berdasrkan latar belakang di atas maka tujuan
dari pelaksanaan observasi ini yaitu:
1. Sebagai
syarat wajib dalam memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah PPL 1
2. Untuk
menambah pengalaman mahasiswa progran studi pendidikan ilmu pengetahuan sosial di
dunia pendidikan. dan,
3. Untuk
mengetahui tingkat kemampuan atau keterampilan seorang guru dalam melaksanakan
proses belajar mengajar (PMB).
C. Manfaat Observasi
Adapun Manfaat dari
pelaksanaan obserfasi ini yaitu:
1. Memberikan
gambaran tentang dunia kerja yang sesungguhnya di sekolah sebagai seorang calon
guru sehingga pada saat terjun ke sekolah kita dapat mempersiapkan dan
merencanakan pelaksanaan pendidikan yang bermutu..
2. Melatih
diri dalam berkomunikasi yang baik dan benar.
3. Memberikan
pengalaman bagi mahasiswa untuk menjadi pendidik yang baik dan profesional pada
masa yang akan datang.
D. Sasaran Observasi
Sasaran observasi
adalah guru yang ada di SD Impres Kampus Ikip.
E. Lokasi Observasi
Lokasi kegiatan
observasi yaitu pada SD Impres Kampus Ikip di JL. Raya Pendidikan Kompleks
Perumahan Dosen Ikip, makassar, sulawesi selatan.
F. Waktu Pelaksanaan Observasi
Waktu pelaksanaan observasi yaitu mulai
dari tanggal 13-20 April 2016 yaitu selama
kurang lebih 1 minggu.
G. Metode Observasi
Metode
observasi yang dilakukan oleh observer kali ini yaitu dengan pengamatan secara
langsung kegiatang belajar mengajar di SD Impres Kampus Ikip. Dimana jenis
observasi yang digunakan yaitu Observasi systematic atau biasa juga disebut
observasi terstruktur yaitu observasi dimana terdapat kerangka yang memuat
faktor-faktor dan ciri-ciri khusus dari setiap faktor yang diamati. Dalam
observasi sitematis isi dan luasnya observasi lebih terbatas yang disesuaikan
dengan tujuan observasi yang telah dirumuskan pada awal penyusunan rencana
observasi, respon dan oeristiwa yang diamati dicatat lebih teliti sesuai dengan
apa yang telah disusun pada perencanaan sebelumnya.
Observasi
kali ini dilakukan sebanyak dua orang guru dalam proses pembelajaran dengan
kelas yang berbeda dan materi pembelajaran yang berbeda. Pembelajaran pertama
yaitu pada kelas 2a oleh ibu Drd. Hj. Masyita dengan materi “keluarga” dan
pembelajaran kedua yaitu pada kelas 1a oleh ibu Hj. Ummu Aemana S.Pd, dengan
materi “peristiwa siang dan malam”.
BAB II
HASIL DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Observasi
Adapun hasil observasi yang telah observer lakukan
yaitu sebagai berikut:
1.
Kelas Ia oleh ibu
Hj. Ummu Aemana S.Pd,
Nama
Sekolah :SD Impres Kampus Ikip
Alamat
Sekolah :JL. Raya Pendidikan Kompleks
Perumahan Dosen Ikip
Kelas :1a
Observasi :Anugrah
Karakteristik
|
Keterlaksanaan
|
Bukti
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
Perencanaan
|
|||
1.
Tersedia silabus dan RPP
|
√
|
||
2.
RPP mencerminkan pembelajaran aktif
|
√
|
||
3.
Rumusan indikator/tujuan pembelajaran sesuai
rumusan SK/KD
|
√
|
||
4.
Indikator pembelajaran mengarah pada pengembangan
berpikir tingkat tinggi (C3;aplikasi, C4;analisis, C5;evaluasi, C6;kreasi)
|
√
|
||
Pembelajaran
|
|||
5.
Guru menggunakan model/pendekatan/metode/strategi
dalam proses belajar mengajar
|
√
|
||
6.
Penerapan model/pendekatan/metode/strategi yang
diterapkan oleh guru terlaksana dengan baik
|
√
|
||
7.
Guru menggunakan media/sumber belajar dengan tepat
|
√
|
||
8.
Tersedia alat peraga/media pembelajaran
|
√
|
||
9.
Guru menggunakan lingkungan untuk kegiatan
pembelajaran di luar kelas
|
√
|
||
10.
Murid terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran
|
√
|
||
11.
Pembelajaran mendorong anak aktif berpikir kritis
dan kreatif
|
√
|
||
12.
Pembelajaran mendorong anak berinteraksi antar
siswa-guru dan siswa-siawa
|
√
|
||
13.
Pembelajaran berkaitan dengan kehidupan nyata
|
√
|
||
14.
Pembelajaran memberikan kesempatan anak
mengemukakan pendapat
|
√
|
||
15.
Pembelajaran mendorong siswa menggunakan berbagai
indra
|
√
|
||
16.
Pembelajaran melayani perbedaan individu siswa
|
√
|
||
Manajemen
kelas
|
|||
17.
Ada aturan atau tata tertib kelas yang
diberlakukan dan disepakati bersama
|
√
|
||
18.
Penataan kelas mendorong anak untuk melakukan
kegiatan aktif
|
√
|
||
19.
Ada pembagian peran, tugas dan tanggung jawab
dalam kegiatan pembelajaran
|
√
|
||
20.
Penggunaan alat dan sumber belajar diatur dengan
baik
|
√
|
||
Penilaian
|
|||
21.
Guru memantau perkembangan belajar siswa
|
√
|
||
22.
Guru memberikan umpan balik terhadap perkembangan
belajar siswa
|
√
|
||
23.
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian)
|
√
|
||
24.
Guru memajang hasil karya siswa (jika ada)
|
√
|
Format
lampiran masalah dan rekomendasi penyelesaian
Nama Observer
|
Anugrah
|
||||||||
Nama sekolah yang
dikunjungi
|
SD impres kampus ikip
|
||||||||
Mata pelajaran yang
diobserfasi
|
Pembelajaran tematik
|
||||||||
Topik yang diobservasi
|
Peristiwa siang dan
malam
|
||||||||
Nama guru yang
diobservasi
|
Hj. Ummu Aemana S.Pd,
|
||||||||
Komponen
yang diobservasi
|
Evaluasi pembelajaran
|
||||||||
Permasalahan:
|
Berdasarkan
yang observer amati proses pembelajaran yang dilakukan sudah sangat baik karena
guru melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran akan tetapi
tidak semua siswa aktif dalam pembelajarn masih ada beberapa siswa yang sibuk
dengan urusannya masing-masing dan kurang memperhatikan guru.
|
||||||||
Akar masalah:
|
Akar
masalahnya karena adanya kesan menyamaratakan siswa, sedangkan kita ketahui
tingkan kecerdasan dan pemahaman siswa berbeda-beda sehingga disini guru
dituntut untuk lebih memahami siswanya dan memiliki kreatifitas yang baik.
|
||||||||
Rekomendasi langkah
penyelesaian:
|
Rekomendasi
penyelesaian dari observer sendiri yaitu pembelajaran dilakukan dengan
membagi siswa dalam beberapa kelompok dan menyiapkan alat peraga serta menggunakan
lingkungan untuk kegiatan pembelajaran di luar kelas sehingga menarik bagi
siswa dan tidak membosankan.
|
2.
Kelas IIa oleh ibu
ibu Drd. Hj. Masyita
Nama
Sekolah :SD Impres Kampus Ikip
Alamat
Sekolah :JL. Raya Pendidikan Kompleks
Perumahan Dosen Ikip
Kelas :II.a
Observasi :Anugrah
Karakteristik
|
Keterlaksanaan
|
Bukti
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
Perencanaan
|
|||
1.
Tersedia silabus dan RPP
|
√
|
||
2.
RPP mencerminkan pembelajaran aktif
|
√
|
||
3.
Rumusan indikator/tujuan pembelajaran sesuai
rumusan SK/KD
|
√
|
||
4.
Indikator pembelajaran mengarah pada pengembangan
berpikir tingkat tinggi (C3;aplikasi, C4;analisis, C5;evaluasi, C6;kreasi)
|
√
|
||
Pembelajaran
|
|||
5.
Guru menggunakan model/pendekatan/metode/strategi
dalam proses belajar mengajar
|
√
|
||
6.
Penerapan model/pendekatan/metode/strategi yang
diterapkan oleh guru terlaksana dengan baik
|
√
|
||
7.
Guru menggunakan media/sumber belajar dengan tepat
|
√
|
||
8.
Tersedia alat peraga/media pembelajaran
|
√
|
||
9.
Guru menggunakan lingkungan untuk kegiatan
pembelajaran di luar kelas
|
√
|
||
10.
Murid terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran
|
√
|
||
11.
Pembelajaran mendorong anak aktif berpikir kritis
dan kreatif
|
√
|
||
12.
Pembelajaran mendorong anak berinteraksi antar
siswa-guru dan siswa-siawa
|
√
|
||
13.
Pembelajaran berkaitan dengan kehidupan nyata
|
√
|
||
14.
Pembelajaran memberikan kesempatan anak mengemukakan
pendapat
|
√
|
||
15.
Pembelajaran mendorong siswa menggunakan berbagai
indra
|
√
|
||
16.
Pembelajaran melayani perbedaan individu siswa
|
√
|
||
Manajemen
kelas
|
|||
17.
Ada aturan atau tata tertib kelas yang
diberlakukan dan disepakati bersama
|
√
|
||
18.
Penataan kelas mendorong anak untuk melakukan
kegiatan aktif
|
√
|
||
19.
Ada pembagian peran, tugas dan tanggung jawab
dalam kegiatan pembelajaran
|
√
|
||
20.
Penggunaan alat dan sumber belajar diatur dengan
baik
|
√
|
||
Penilaian
|
|||
21.
Guru memantau perkembangan belajar siswa
|
√
|
||
22.
Guru memberikan umpan balik terhadap perkembangan
belajar siswa
|
√
|
||
23.
Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian)
|
√
|
||
24.
Guru memajang hasil karya siswa (jika ada)
|
√
|
Format
lampiran masalah dan rekomendasi penyelesaian
Nama Observer
|
Anugrah
|
||||||||
Nama sekolah yang dikunjungi
|
SD impres kampus ikip
|
||||||||
Mata pelajaran yang diobserfasi
|
Pembelajaran tematik
|
||||||||
Topik yang diobservasi
|
Berkumpul bersama keluarga
|
||||||||
Nama guru yang diobservasi
|
Drd. Hj. Masyita
|
||||||||
Komponen
yang diobservasi
|
Evaluasi pembelajaran
|
||||||||
Permasalahan:
|
Permasalahan
pada proses pembelajaran ini sama dengan yang di atas dimana tidak semua
siswa memperhatikan penjelasn dari gurunya karena masih ada beberapa siswa
yang sibuk dengan urusannya masing-masing dan kurang memperhatikan guru.
|
||||||||
Akar masalah:
|
Akar
masalahnya karena adanya kesan menyamaratakan siswa, sedangkan kita ketahui
tingkan kecerdasan dan pemahaman siswa berbeda-beda sehingga disini guru
dituntut untuk lebih memahami siswanya dan memiliki kreatifitas yang baik.
|
||||||||
Rekomendasi langkah
penyelesaian:
|
Rekomendasi
penyelesaian dari observer sendiri sama dengan yang ada di atas yaitu
pembelajaran dilakukan dengan membagi siswa dalam beberapa kelompok dan
menyiapkan alat peraga serta menggunakan lingkungan untuk kegiatan
pembelajaran di luar kelas sehingga menarik bagi siswa dan tidak menimbulkan
kebosanan pada siswa.
|
B. Pembahasan
1.
Kelas “I.a” oleh
ibu
Hj. Ummu Aemana S.Pd,
Observasi yang dilakukan dimulai pada jam 08:00-09:10
yaitu selama 2x35 menit dengan materi ajar yaitu “peristiwa siang dan malam”. adapun
kegiatan yang dilakukan selama proses pembelajaran dibagi menjadi tiga kegiatan
yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir (penutup) yang akan
diuraikan sebagai berikut.
a.
Kegiatan awal
Pada
saat guru sudah ada di dalam ruang kelas untuk memulai pembelajaran, terlebih
dahulu peserta didik menyiapkan, memberi salam kepada guru dan berdo’a
bersama-sama yang dipimpin oleh ketua kelas. Kemudian guru mengabsen siswa,
menanyakan kabar siswa dan
mempersilahkan siswa mempersiapkan buku dan alat tulisnya masing-masing, setelah
itu guru menginformasikan kepada siswa tentang topik dan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai dari kegatan pembelajaran. setelah itu guru menanyakan kesiapan
siswa dalam menerima pembelajaran, setelah semua siswa telah siap untu belajar
maka gurupun mulai masuk kegiatan inti.
b.
Kegiatan inti
Dalam
kegiatan pembelajaran guru menggunakan metode pembelajaran ceramah, pemberian
tugas dan tanya jawab. Langkah pertama guru memberikan penjelasan kepada siswa tentang
materi “peristiwa siang dan malam” dengan singkat dan dengan menggunakan bahasa
yang mudah dipahami oleh siswa. Dalam penjelasan yang disampaikan, guru
mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari yang dekat dengan lingkungan
siswa dan mencontohkannya dari peristiwa yang terjadi secara nyata. Sesekali guru
bertanya kepada siswa mengenari materi yang diajarkan dan memberikan pujian
kepada siswa ketika siswa berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
Dan guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya ketika masih
ada yang kurang dipahami.
Setelah
guru memeberikan penjelasan dan setelah proses tanya jawab guru memberikan
tugas kepada siswa dengan menuliskan pertanyaannya di papan tulis dan
mengistruksikan siswa untuk mengerjakannya dalam waktu 30 menit. setelah siswa
mengerjakan tugasnya guru menyurus semua siswa untuk mengumpulkan tugasnya
untuk diperiksa dengan cara pemberian skor 0-100. Setelah guru memeriksa
pekerjaan siswa guru membagikannya kembali kepada masing-masing siswa.
c.
Kegiatan akhir (penutup)
Pada
kegiatan penutup guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran kemudian guru
memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah dan guru
menginformasikan kepada siswa materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya, serta mengingatkan siswa untuk mengulang materi yang telah
dipelajari dan membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
2.
Kelas II.a oleh ibu
ibu Drd. Hj. Masyita
Observasi yang dilakukan dimulai pada jam
08:00-09:10 yaitu selama 2x35 menit dengan materi ajar yaitu “Berkumpul bersama
keluarga”. adapun kegiatan yang dilakukan selama proses pembelajaran dibagi
menjadi tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir
(penutup) yang akan diuraikan sebagai berikut.
a.
Kegiatan awal
Pada
saat guru sudah ada di dalam ruang kelas untuk memulai pembelajaran, terlebih
dahulu peserta didik menyiapkan, memberi salam kepada guru dan berdoa
bersama-sama yang dipimpin oleh ketua kelas. Kemudian guru mengabsen siswa,
menanyakan kabar siswa serta menanyakan kepada siswa beberapa pertanyaan
mengenai materi pada pertemuan sebelumnya. dan pada kegiatan awal ini guru juga
menanyakan apakah siswa sudah mempelajari materi yang akan dipelajari hari ini,
serta memberikan pujian dan tepuk tangan kepada siswa yang mampu menyebutkan
materi yang akan dipelajari hari ini. kemudian guru menyampaikan topik dan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
b.
Kegiatan inti
Dalam
kegiatan pembelajaran guru menggunakan metode pembelajaran ceramah, pemberian
tugas dan tanya jawab. Langkah pertama guru memberikan penjelasan kepada siswa
tentang materi “Berkumpul bersama
keluarga”
dengan singkat dan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa.
Dalam penjelasan yang disampaikan, guru mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari
yang dekat dengan lingkungan siswa dan
mencontohkannya dari peristiwa yang
terjadi secara nyata. pada pebelajaran inti guru lebih banyak bertanya kepada
siswa mengenai apa saja yang dilakukan masing-masing siswa saat bersama
keluarganya dan kapan saja siswa berkumpul bersama keluarganya. Setelah itu
guru menyuruh siswa untuk membaca dan memahami cerita yang ada di buku mengenai
Berkumpul bersama keluarga.
Kemudian guru menunjuk beberapa siswa maju kedepan untuk menceritakan kembali
apa yang telah dibaca dan dipahami dari cerita yang ada di buku. Guru dan siswa
lain memeberikan tepuk tangan kepada siswa yang telah naik ke depan untuk
bercerita kembali.
c.
Kegiatan akhir (penutup)
Pada
kegiatan penutup guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran kemudian guru
memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah berupa menuliskan
kegiatan yang mereka lakukan saat berkumpul bersama keluarganya, dan guru
menginformasikan kepada siswa materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya, serta mengingatkan siswa untuk mengulang materi yang telah
dipelajari dan membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
Terakhir siswa memberi salam kepada guru untuk mengakhiri pembelajaran
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Program Pengalaman
Lapangan 1 (PPL 1) atau Micro Teaching merupakan
salah satu kegiatan yang wajib dilaksanaan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan
Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar,
berupa kegiatan observasi terhadap kegiatan
belajar mengajar di sekolah yang bertujuan agar mahasiswa dapat melihat secara
langsung proses kegiatan belajar mengajar sehingga mahasiswa mempunyai
pengalaman sebelum terjun langsung mengajar di sekolah sebagai seorang guru.
Berdasarka hasil observasi
proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah cukup beik karena beberapa
alasan pertama karna tersedianya silabus dan RPP, kedua pelaksanan model, metode
dan strategi sudah terlaksanan secara baik walaupun kurang maksimal, ketiga
tersedianya sumber belajar, keempat siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran, kelima guru mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata,
keenam guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya
dan beberapa alasan lain. akan tetapi masih ada beberapa permasalahan yang juga
menjadi PR bagi saya selaku calon guru
seperti guru tidak menyapkan alat peraga dan guru tidak menggunakan
linkungan untuk kegiatan pembelajaran di luar kelas yang mengakibatkan ada
beberapa siswa yang kurang memperhatikan pelajaran dan hanya sibuk dengan
urusannya masing-masing.
B. Saran
Adapu
saran untuk observer yaitu dalam melakukan observasi sebaiknya dilakukan dengan
teliti dan apa adanya. dan bagi para guru serta penulis sendiri sebagai calon
guru harus mampu menguasai empat kompetensi yaitu pedagogik, sosial,
profesional dan kepribadian sehingga sebagai seorang guru yang baik tidak hanya
mampu mengajar dengan baik akan tetapi yang lebih penting mampu mendidik untuk
membentuk generasi yang bermartabat, berakhlak mulia, bermoral, dan
berkepribadian yang baik untuk memajukan bangsa kita tercinta.
DOKUMENTASI




Sangat bagus sekali . makasih udah ngebantu, saya minta izin untuk mempelajarinya buat makalah saya. Izin untuk mempelajarinya
BalasHapusEhe
BalasHapusOk
BalasHapusWah, susunan laporannya sesuai dengan yang saya cari. Izin buat dijadikan referensi
BalasHapusTerima kasih banyak,ini isi laporannya sangat cocok dengan materi yg saya butuhkan
BalasHapusTerimakasih,sangat bermanfaat :)
BalasHapusTERIMA KASIH INFONYA
BalasHapusAlhamdulillah
BalasHapusSemoga bermanfaat 😊
Subhanallah membantu sekali 😊😊
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusga ada
BalasHapusTerimakasih info nya
BalasHapusTerimakasih sudah membantu
BalasHapusTerimakasih 😇
BalasHapus