Senin, 24 April 2017

CONTOH LAPORAN HASIL OBSERVASI



LAPORAN HASIL OBSERVASI PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN SD IMPRES KAMPUS IKIP
JL. Raya Pendidikan Kompleks Perumahan Dosen Ikip







ANUGRAH














PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
FAKULTAS IMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2017


KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat, rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan laporan hasil observasi ini sebagai salah satu tugas dari mata kuliah PPL 1. Salawat dan salam tak lupa pula penulis haturkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. yang telah mengantarkan kita kepada dinul Islam, Beliaulah sangrevolusioner sejati.
Laporan ini dibuat dari hasil observasi di SD Impres Kampus Ikip dalam jangka waktu tertentu sehingga menghasilkan suatu laporan yang bisa dipertanggungjawabkan hasilnya. Penulis ucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Hj. Sujirah, S.Pd, M.M, selaku kepala sekolah SD Impres Kampus Ikip yang telah memperkenankan penulis melakukan observasi. tak lupa pula penulis ucapkan terima kasih kepada semua guru SD Impres Kampus Ikip atas kerja samanya dalam kegiatan observasi yag penulis lakukan terkhusus kepada Ibu Drd. Hj. Masyita selaku guru kelas II SD Impres Kampus Ikip dan Ibu Hj. Ummu Aemana S.Pd selaku guru kelas I SD Impres Kampus Ikip. Dan terakhir penulis ucapkan terima kasih kepada adik-adik siswa SD Impres Kampus Ikip atas keramahan dan kerja samanya.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa Laporan hasil observasi ini masih jauh dari kesempurnaan, olehnya itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan penyusunan laporan-laporan selanjutanya. Besar harapan kami kiranya laporan hasil observasi ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Makassar,  April 2017

penulis

DAFTAR ISI










BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Program Pengalaman Lapangan 1 (PPL 1) atau Micro Teaching merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanaan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Meskipun definisi Micro teaching berarti suatu kegiatan mengajar yang dilakukan dengan cara menyederhanakan atau segalanya dikecilkan, yakni dengan mengajar tertentu, akan dapat diidentifikasikan berbagai keunggulan dan kelemahan diri calon guru secara akurat. akan tetapi dalam kegiatan PPL 1 ini yang dilaksanakan mahasiswa di sekolah bukan merupakan kegiatan pengabdian pada sekolah yang bersangkutan, tetapi PPL 1 hanya merupakan kegiatan observasi terhadap  kegiatan belajar mengajar di sekolah yang bertujuan agar mahasiswa dapat melihat secara langsung contoh proses kegiatan belajar mengajar sehingga mahasiswa mempunyai pengalaman sebelum terjun langsung mengajar di sekolah sebagai seorang guru.
Observasi merupakan suatu proses pengamatan dan pencatatan secara langsung dan sistematis mengenai gejala-gejala yang akan kita teliti. Observasi ini menjadi salah satu dari teknik pengumpulan data apabila sesuai dengan tujuan penelitian, yang direncanakan dan dicatat secara sistematis, serta dapat dikontrol keandalan (reliabilitas) dan kesahihannya (validitasnya). Dan kali ini penulis selaku observer telah melakukan observasi pada kelas 1a dan 2a  SD Impres Kampus Ikip,  JL. Raya Pendidikan Kompleks Perumahan Dosen Ikip, setelah adanya izin dari Ibu Hj. Sujirah, S.Pd, M.M, selaku kepala sekolah SD Impres Kampus Ikip dimana sebelumnya penulis telah memasukkan surat resmi permohonan observasi dari prodi pendidikan ilmu pengetahuan sosial.
Adapun pelaksanaan observasi dilakukan sebanyak dua kali dengan guru yang berbeda dimana pelaksanaannya dilakukan kurang lebih satu minggu yang dimulai dengan memasukkan surat permohonan izin observasi sampai pada kegiatan observasi itu sendiri. Meskipun waktu yang digunakan dalam melakukan observasi ini relatif singkat dan sedikit terkendala pada penyesuaian jadwal sekolah dan kuliah, akan tetapi itu tidak menjadi kendala yang signifikan untuk mencapai tujuan dan sasaran dari kegiatan pelaksanaan observasi.
Dengan adanya Kegiatan ini diharapkan agar mahasiswa terkhusus bagi penulis sendiri selaku observer dan sebagai calon guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada tingkat Sekolah Menengah Pertana (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat mengambil pengalaman dari lokasi observasi tersebut. sehingga benar-benar bisa menjadi  tenaga pendidik yang baik dan profesional dengan adanya pengalaman dari kegiatan PPL 1 atau Micro Teaching.

B.     Tujuan Observasi

Berdasrkan latar belakang di atas maka tujuan dari pelaksanaan observasi ini yaitu:
1.      Sebagai syarat wajib dalam memenuhi salah satu tugas dari mata kuliah PPL 1
2.      Untuk menambah pengalaman mahasiswa progran studi pendidikan ilmu pengetahuan sosial di dunia pendidikan. dan,
3.      Untuk mengetahui tingkat kemampuan atau keterampilan seorang guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar (PMB).

C.    Manfaat Observasi

Adapun Manfaat dari pelaksanaan obserfasi ini yaitu:
1.      Memberikan gambaran tentang dunia kerja yang sesungguhnya di sekolah sebagai seorang calon guru sehingga pada saat terjun ke sekolah kita dapat mempersiapkan dan merencanakan pelaksanaan pendidikan yang bermutu..
2.      Melatih diri dalam berkomunikasi yang baik dan benar.
3.      Memberikan pengalaman bagi mahasiswa untuk menjadi pendidik yang baik dan profesional pada masa yang akan datang.

D.    Sasaran Observasi

Sasaran observasi adalah guru yang ada di SD Impres Kampus Ikip.

E.     Lokasi Observasi

Lokasi kegiatan observasi yaitu pada SD Impres Kampus Ikip di JL. Raya Pendidikan Kompleks Perumahan Dosen Ikip, makassar, sulawesi selatan.

F.    Waktu Pelaksanaan Observasi

Waktu pelaksanaan observasi yaitu mulai dari tanggal 13-20 April 2016 yaitu selama kurang lebih 1 minggu.

G.    Metode Observasi

Metode observasi yang dilakukan oleh observer kali ini yaitu dengan pengamatan secara langsung kegiatang belajar mengajar di SD Impres Kampus Ikip. Dimana jenis observasi yang digunakan yaitu Observasi systematic atau biasa juga disebut observasi terstruktur yaitu observasi dimana terdapat kerangka yang memuat faktor-faktor dan ciri-ciri khusus dari setiap faktor yang diamati. Dalam observasi sitematis isi dan luasnya observasi lebih terbatas yang disesuaikan dengan tujuan observasi yang telah dirumuskan pada awal penyusunan rencana observasi, respon dan oeristiwa yang diamati dicatat lebih teliti sesuai dengan apa yang telah disusun pada perencanaan sebelumnya.
Observasi kali ini dilakukan sebanyak dua orang guru dalam proses pembelajaran dengan kelas yang berbeda dan materi pembelajaran yang berbeda. Pembelajaran pertama yaitu pada kelas 2a oleh ibu Drd. Hj. Masyita dengan materi “keluarga” dan pembelajaran kedua yaitu pada kelas 1a oleh ibu Hj. Ummu Aemana S.Pd, dengan materi “peristiwa siang dan malam”.





BAB II

HASIL DAN PEMBAHASAN

A.    Hasil Observasi

Adapun hasil observasi yang telah observer lakukan yaitu sebagai berikut:
1.      Kelas Ia oleh ibu Hj. Ummu Aemana S.Pd,
Nama Sekolah       :SD Impres Kampus Ikip
Alamat Sekolah     :JL. Raya Pendidikan Kompleks Perumahan Dosen Ikip
Kelas                     :1a
Observasi               :Anugrah
Karakteristik
Keterlaksanaan
Bukti
Ya
Tidak
Perencanaan



1.      Tersedia silabus dan RPP


2.      RPP mencerminkan pembelajaran aktif


3.      Rumusan indikator/tujuan pembelajaran sesuai rumusan SK/KD


4.      Indikator pembelajaran mengarah pada pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3;aplikasi, C4;analisis, C5;evaluasi, C6;kreasi)


Pembelajaran



5.      Guru menggunakan model/pendekatan/metode/strategi dalam proses belajar mengajar


6.      Penerapan model/pendekatan/metode/strategi yang diterapkan oleh guru terlaksana dengan baik


7.      Guru menggunakan media/sumber belajar dengan tepat


8.      Tersedia alat peraga/media pembelajaran


9.      Guru menggunakan lingkungan untuk kegiatan pembelajaran di luar kelas


10.  Murid terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran


11.  Pembelajaran mendorong anak aktif berpikir kritis dan kreatif


12.  Pembelajaran mendorong anak berinteraksi antar siswa-guru dan siswa-siawa


13.  Pembelajaran berkaitan dengan kehidupan nyata


14.  Pembelajaran memberikan kesempatan anak mengemukakan pendapat


15.  Pembelajaran mendorong siswa menggunakan berbagai indra


16.  Pembelajaran melayani perbedaan individu siswa


Manajemen kelas



17.  Ada aturan atau tata tertib kelas yang diberlakukan dan disepakati bersama


18.  Penataan kelas mendorong anak untuk melakukan kegiatan aktif


19.  Ada pembagian peran, tugas dan tanggung jawab dalam kegiatan pembelajaran


20.  Penggunaan alat dan sumber belajar diatur dengan baik


Penilaian



21.  Guru memantau perkembangan belajar siswa


22.  Guru memberikan umpan balik terhadap perkembangan belajar siswa


23.  Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian)


24.  Guru memajang hasil karya siswa (jika ada)





Format lampiran masalah dan rekomendasi penyelesaian

Nama Observer
Anugrah
Nama sekolah yang dikunjungi
SD impres kampus ikip
Mata pelajaran yang diobserfasi
Pembelajaran tematik
Topik yang diobservasi
Peristiwa siang dan malam
Nama guru yang diobservasi
Hj. Ummu Aemana S.Pd,
Komponen yang diobservasi


 
       Perencanaan


 

 
       Pengelolaan kelas


 
       Proses pembelajaran
       Evaluasi pembelajaran
Permasalahan:
Berdasarkan yang observer amati proses pembelajaran yang dilakukan sudah sangat baik karena guru melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran akan tetapi tidak semua siswa aktif dalam pembelajarn masih ada beberapa siswa yang sibuk dengan urusannya masing-masing dan kurang memperhatikan guru.
Akar masalah:
Akar masalahnya karena adanya kesan menyamaratakan siswa, sedangkan kita ketahui tingkan kecerdasan dan pemahaman siswa berbeda-beda sehingga disini guru dituntut untuk lebih memahami siswanya dan memiliki kreatifitas yang baik.
Rekomendasi langkah penyelesaian:
Rekomendasi penyelesaian dari observer sendiri yaitu pembelajaran dilakukan dengan membagi siswa dalam beberapa kelompok dan menyiapkan alat peraga serta menggunakan lingkungan untuk kegiatan pembelajaran di luar kelas sehingga menarik bagi siswa dan tidak membosankan.
2.      Kelas IIa oleh ibu ibu Drd. Hj. Masyita
Nama Sekolah       :SD Impres Kampus Ikip
Alamat Sekolah     :JL. Raya Pendidikan Kompleks Perumahan Dosen Ikip
Kelas                     :II.a
Observasi               :Anugrah
Karakteristik
Keterlaksanaan
Bukti
Ya
Tidak
Perencanaan



1.      Tersedia silabus dan RPP


2.      RPP mencerminkan pembelajaran aktif


3.      Rumusan indikator/tujuan pembelajaran sesuai rumusan SK/KD


4.      Indikator pembelajaran mengarah pada pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3;aplikasi, C4;analisis, C5;evaluasi, C6;kreasi)


Pembelajaran



5.      Guru menggunakan model/pendekatan/metode/strategi dalam proses belajar mengajar


6.      Penerapan model/pendekatan/metode/strategi yang diterapkan oleh guru terlaksana dengan baik


7.      Guru menggunakan media/sumber belajar dengan tepat


8.      Tersedia alat peraga/media pembelajaran


9.      Guru menggunakan lingkungan untuk kegiatan pembelajaran di luar kelas


10.  Murid terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran


11.  Pembelajaran mendorong anak aktif berpikir kritis dan kreatif


12.  Pembelajaran mendorong anak berinteraksi antar siswa-guru dan siswa-siawa


13.  Pembelajaran berkaitan dengan kehidupan nyata


14.  Pembelajaran memberikan kesempatan anak mengemukakan pendapat


15.  Pembelajaran mendorong siswa menggunakan berbagai indra


16.  Pembelajaran melayani perbedaan individu siswa


Manajemen kelas



17.  Ada aturan atau tata tertib kelas yang diberlakukan dan disepakati bersama


18.  Penataan kelas mendorong anak untuk melakukan kegiatan aktif


19.  Ada pembagian peran, tugas dan tanggung jawab dalam kegiatan pembelajaran


20.  Penggunaan alat dan sumber belajar diatur dengan baik


Penilaian



21.  Guru memantau perkembangan belajar siswa


22.  Guru memberikan umpan balik terhadap perkembangan belajar siswa


23.  Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian)


24.  Guru memajang hasil karya siswa (jika ada)


Format lampiran masalah dan rekomendasi penyelesaian

Nama Observer
Anugrah
Nama sekolah yang dikunjungi
SD impres kampus ikip
Mata pelajaran yang diobserfasi
Pembelajaran tematik
Topik yang diobservasi
Berkumpul bersama keluarga
Nama guru yang diobservasi
Drd. Hj. Masyita
Komponen yang diobservasi


 
       Perencanaan


 

 
       Pengelolaan kelas


 
       Proses pembelajaran
       Evaluasi pembelajaran
Permasalahan:
Permasalahan pada proses pembelajaran ini sama dengan yang di atas dimana tidak semua siswa memperhatikan penjelasn dari gurunya karena masih ada beberapa siswa yang sibuk dengan urusannya masing-masing dan kurang memperhatikan guru.
Akar masalah:
Akar masalahnya karena adanya kesan menyamaratakan siswa, sedangkan kita ketahui tingkan kecerdasan dan pemahaman siswa berbeda-beda sehingga disini guru dituntut untuk lebih memahami siswanya dan memiliki kreatifitas yang baik.
Rekomendasi langkah penyelesaian:
Rekomendasi penyelesaian dari observer sendiri sama dengan yang ada di atas yaitu pembelajaran dilakukan dengan membagi siswa dalam beberapa kelompok dan menyiapkan alat peraga serta menggunakan lingkungan untuk kegiatan pembelajaran di luar kelas sehingga menarik bagi siswa dan tidak menimbulkan kebosanan pada siswa.

B.     Pembahasan

1.      Kelas “I.a” oleh ibu Hj. Ummu Aemana S.Pd,
Observasi yang dilakukan dimulai pada jam 08:00-09:10 yaitu selama 2x35 menit dengan materi ajar yaitu “peristiwa siang dan malam”. adapun kegiatan yang dilakukan selama proses pembelajaran dibagi menjadi tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir (penutup) yang akan diuraikan sebagai berikut.
a.       Kegiatan awal
Pada saat guru sudah ada di dalam ruang kelas untuk memulai pembelajaran, terlebih dahulu peserta didik menyiapkan, memberi salam kepada guru dan berdo’a bersama-sama yang dipimpin oleh ketua kelas. Kemudian guru mengabsen siswa, menanyakan kabar siswa  dan mempersilahkan siswa mempersiapkan buku dan alat tulisnya masing-masing, setelah itu guru menginformasikan kepada siswa tentang topik dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dari kegatan pembelajaran. setelah itu guru menanyakan kesiapan siswa dalam menerima pembelajaran, setelah semua siswa telah siap untu belajar maka gurupun mulai masuk kegiatan inti.
b.      Kegiatan inti
Dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan metode pembelajaran ceramah, pemberian tugas dan tanya jawab. Langkah pertama guru memberikan penjelasan kepada siswa tentang materi “peristiwa siang dan malam” dengan singkat dan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Dalam penjelasan yang disampaikan, guru mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari yang dekat dengan lingkungan siswa  dan mencontohkannya dari peristiwa  yang terjadi secara nyata. Sesekali guru bertanya kepada siswa mengenari materi yang diajarkan dan memberikan pujian kepada siswa ketika siswa berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru. Dan guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya ketika masih ada yang kurang dipahami.
Setelah guru memeberikan penjelasan dan setelah proses tanya jawab guru memberikan tugas kepada siswa dengan menuliskan pertanyaannya di papan tulis dan mengistruksikan siswa untuk mengerjakannya dalam waktu 30 menit. setelah siswa mengerjakan tugasnya guru menyurus semua siswa untuk mengumpulkan tugasnya untuk diperiksa dengan cara pemberian skor 0-100. Setelah guru memeriksa pekerjaan siswa guru membagikannya kembali kepada masing-masing siswa.
c.       Kegiatan akhir (penutup)
Pada kegiatan penutup guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran kemudian guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah dan guru menginformasikan kepada siswa materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, serta mengingatkan siswa untuk mengulang materi yang telah dipelajari dan membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.
2.      Kelas II.a oleh ibu ibu Drd. Hj. Masyita
Observasi yang dilakukan dimulai pada jam 08:00-09:10 yaitu selama 2x35 menit dengan materi ajar yaitu “Berkumpul bersama keluarga”. adapun kegiatan yang dilakukan selama proses pembelajaran dibagi menjadi tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir (penutup) yang akan diuraikan sebagai berikut.

a.       Kegiatan awal
Pada saat guru sudah ada di dalam ruang kelas untuk memulai pembelajaran, terlebih dahulu peserta didik menyiapkan, memberi salam kepada guru dan berdoa bersama-sama yang dipimpin oleh ketua kelas. Kemudian guru mengabsen siswa, menanyakan kabar siswa serta menanyakan kepada siswa beberapa pertanyaan mengenai materi pada pertemuan sebelumnya. dan pada kegiatan awal ini guru juga menanyakan apakah siswa sudah mempelajari materi yang akan dipelajari hari ini, serta memberikan pujian dan tepuk tangan kepada siswa yang mampu menyebutkan materi yang akan dipelajari hari ini. kemudian guru menyampaikan topik dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
b.      Kegiatan inti
Dalam kegiatan pembelajaran guru menggunakan metode pembelajaran ceramah, pemberian tugas dan tanya jawab. Langkah pertama guru memberikan penjelasan kepada siswa tentang materi “Berkumpul bersama keluarga” dengan singkat dan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa. Dalam penjelasan yang disampaikan, guru mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari yang dekat dengan lingkungan siswa  dan mencontohkannya dari peristiwa  yang terjadi secara nyata. pada pebelajaran inti guru lebih banyak bertanya kepada siswa mengenai apa saja yang dilakukan masing-masing siswa saat bersama keluarganya dan kapan saja siswa berkumpul bersama keluarganya. Setelah itu guru menyuruh siswa untuk membaca dan memahami cerita yang ada di buku mengenai Berkumpul bersama keluarga. Kemudian guru menunjuk beberapa siswa maju kedepan untuk menceritakan kembali apa yang telah dibaca dan dipahami dari cerita yang ada di buku. Guru dan siswa lain memeberikan tepuk tangan kepada siswa yang telah naik ke depan untuk bercerita kembali.
c.       Kegiatan akhir (penutup)
Pada kegiatan penutup guru dan siswa menyimpulkan materi pelajaran kemudian guru memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah berupa menuliskan kegiatan yang mereka lakukan saat berkumpul bersama keluarganya, dan guru menginformasikan kepada siswa materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya, serta mengingatkan siswa untuk mengulang materi yang telah dipelajari dan membaca materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya. Terakhir siswa memberi salam kepada guru untuk mengakhiri pembelajaran



BAB III

PENUTUP

A.    Kesimpulan

Program Pengalaman Lapangan 1 (PPL 1) atau Micro Teaching merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanaan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar, berupa kegiatan observasi terhadap  kegiatan belajar mengajar di sekolah yang bertujuan agar mahasiswa dapat melihat secara langsung proses kegiatan belajar mengajar sehingga mahasiswa mempunyai pengalaman sebelum terjun langsung mengajar di sekolah sebagai seorang guru.
Berdasarka hasil observasi proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah cukup beik karena beberapa alasan pertama karna tersedianya silabus dan RPP, kedua pelaksanan model, metode dan strategi sudah terlaksanan secara baik walaupun kurang maksimal, ketiga tersedianya sumber belajar, keempat siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, kelima guru mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan nyata, keenam guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengemukakan pendapatnya dan beberapa alasan lain. akan tetapi masih ada beberapa permasalahan yang juga menjadi PR bagi saya selaku calon guru  seperti guru tidak menyapkan alat peraga dan guru tidak menggunakan linkungan untuk kegiatan pembelajaran di luar kelas yang mengakibatkan ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan pelajaran dan hanya sibuk dengan urusannya masing-masing.

B.     Saran

Adapu saran untuk observer yaitu dalam melakukan observasi sebaiknya dilakukan dengan teliti dan apa adanya. dan bagi para guru serta penulis sendiri sebagai calon guru harus mampu menguasai empat kompetensi yaitu pedagogik, sosial, profesional dan kepribadian sehingga sebagai seorang guru yang baik tidak hanya mampu mengajar dengan baik akan tetapi yang lebih penting mampu mendidik untuk membentuk generasi yang bermartabat, berakhlak mulia, bermoral, dan berkepribadian yang baik untuk memajukan bangsa kita tercinta.

DOKUMENTASI




14 komentar: